Mengatasi Error " Missing Operating System " Windows 7

Tuesday, August 8, 2017


Apakah anda pernah menemui atau mengalami error seperti gambar di atas?. Kalo iya, apakah anda tau apa sebenarnya penyebab daripada error tersebut?. Lalu apa yang anda lakukan untuk mengatasi error tersebut?

Menurut pengalaman saya error ini biasa terjadi akibat dari laptop / PC kita mati mendadak yang disebabkan oleh baterai yang habis atau mati listrik, error ini muncul saat kita baru menghidupkan komputer (proses booting).

Dari kebanyakan orang dan termasuk saya sendiri mungkin berfikir akan langsung instal ulang windows. Tapi ternyata itu kurang tepat karena sebenarnya ada langkah mudah yang dapat mengatasi error ini. berikut adalah cara untuk mengatasi error ini :

Lepas smua perangkat penyimpanan external yang terhubung ke PC / Laptop anda (Flashdisk dll), Restart laptop / PC anda,  Masukkan CD instalasi Windows / USB Instalasi Windows kemudian booting dari media tersebut, pilih "Repair Your Computer" (Dibagian bawah) Next ikuti menu yang ada sampai ketemu pilihan "Command Promt", Pilih / masuk ke menu "Command Promt" lalu ketikkan :
  1. bootrec.exe /fixmbr = Perintah ini berfungsi untuk membuat MBR (Master Boot Record) baru, tidak akan menghapus data partisi harddisk.
  2. bootrec.exe /fixboot = Perintah ini berfungsi untuk menambahkan sektor boot baru, kalau rusak ada kemungkinan tidak bisa diperbaiki dan Windows gagal dijalankan.
  3. bootrec.exe /rebuildbcd = Perintah berfungsi untuk memperbaiki instalasi Windows yang berhasil dikenali.
  4. Restart Komputer
Tara PC / laptop anda akan normal kembali (itu pengalaman saya :) )

Demikian tips mudah untuk mengatasi error  " Missing Operating System " pada Windows 7 semoga bermanfaat. 





August 08, 2017

0 comments:

Post a Comment