Cara Setting Port Forwarding Di Modem Fiber Home AN5506 04 F, Untuk Mengakses Web Server Local Menggunakan Mikrotik Dari Internet

Thursday, May 31, 2018

Pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana caranya setting Port Forwarding Di Modem Fiber Home AN5506 04 F.



Perlu diketahui tujuan dari por forwarding kali ini adalah untuk mengakses intranet (server local) agar bisa di akses dari internet.

Oke langkah pertama yang harus kita lakukan adalah Login ke Fiber Home AN5506 04 F, yaitu dengan cara memasukkan IP (IP Saya 192.168.1.1) dari modem fiberhome tersebut. Perhatikan gambar dibawah :


Setelah berhasil login, Pilih menu Application di bagian atas lalu pilih menu Port Forwarding di sebelah kiri kemudian kita membuat portforwarding rule yaitu dengan mengklik tombol "Add" terus isi data-data yang diperlukan, Perhatikan gambar di bawah:


Dari gambar di atas diketahui bahwa, untuk IP 192.168.1.2 adalah IP Mikrotik Kita. Public port & Private Port kita isi 80, Protocol : TCP, Pilih Enable trus klik Apply. Maka hasilnya akan muncul Portforwarding Rules List seperti di atas. Sampai disini untuk setting dari sisi modem sudah selesai.

Langkah selanjutnya adalah kita setting dari sisi mikrotiknya.
Untuk masuk ke mikrotik kita bisa menggunakan winbox, setelah masuk pastikan IP Mikrotik kita adalah 192.168.1.2, perhatikan gambar di bawah :


Kemudian, langkah selanjutnya kita setting NAT nya, yaitu dengan cara :
1. Klik menu IP --> Firewall --> NAT --> klik tanda + , kemudian untuk NAT kita setting seperti gbr berikut :


In. Interface = ether1 - internet (beda - beda tergantung kita menamakannya)


To Addresses : 192.168.0.31 (ini adalah IP Lokal dimana web serevr kita berada)

Nah sampai disni setting Port Forwarding untuk akses intranet / webserver lokal dari internet sudah selesai. Sekarang kita sudah dapat akses web kita dari luar / internet dengan menggunakan ip public indihome kita.

Ok. Sekian dari saya, Terimakasih, Semoga bermanfaat.

NB :
Klo kita mau mengakses menggunakan IP publik dari jaringan lokal maka akan error / web tidak bisa di akses dari jaringan lokal jadi harus bener-bner dari jaringan / koneksi internet luar.





May 31, 2018

10 comments:

  1. Kalau forward 2 atau lebih server bagaimana caranya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah Portforwarding rule gan (dengan private port yang berbeda ), misal rule pertama menggunakan private port 80, rule kedua menggunakan port 8080

      Delete
    2. Nambah private portnya di fiberhome atau di mikrotiknya ?

      Delete
  2. tanya Om...
    utk setting di modem di port forwading, WAN itu diisi WAN0, sedangkan port yang di gunakan pada modem indihome adalah port No. 3 standar ( port No. 4 utk USEETV ) Solusi bagaimana Om ?
    kalau saya isi WAN0 - hasilnya gk bisa diakses, kalo saya isi WAN2 - hasilnya masuk ke login modem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isi WAN2, mungkin bisa disetting ulang untuk bag mikrotiknya Om

      Delete
  3. klo ga pake mikrotik gmna gan, langsung dari routernya

    ReplyDelete
  4. Kalau yang punya saya cuma ada opsi Status, Network, sama Management aja nih. Belum bisa mengikuti tutorial ini sepertinya :(

    ReplyDelete
  5. Bang, di Modem FIBER saya, Menu Port Forwarding untuk masuk ke Menu application tidak ada, apa ada solusi ?

    ReplyDelete
  6. itu passwordnya apa?username aja yg kelihatan..tapi passwordnya ga dishare di tulisan :)

    ReplyDelete
  7. Mas mau nanya...topologi saya : modem Fiberhome ----> access point 1 (utk extender, 1 subnet, beda SSID) ----> access point 2 (utk extender, 1 subnet, beda SSID)

    kenapa saya tidak bisa PING ke access point 1 dan 2 ya? ping ke klien/workstation juga tidak bisa..tapi kalo saya login ke access point 1 ataupun 2, bisa PING selama masih konek hanya dengan SSID tersebut dan bis PING ke modem Fiberhome

    Sudah saya coba setting Firewall karena erat kaitannya dengan ini. Tapi masih belum ada hasil.

    ReplyDelete