Cara Menghapus Banyak Baris / Record Dalam Tabel Menggunakan Perintah Query di SQL SERVER

Saturday, May 12, 2018

Ok langsung saja, kali ini saya akan share pengalaman pribadi saya tentang bagaimana caranya menghapus baris dari suatu tabel di database SQL Server 2000. Untuk yang sudah expert mungkin tips ini bukan apa-apa , tapi bagi saya dan mungkin bagi temen-temen yang baru belajar, saya kira tips ini sangat berguna.

Sesuai dengan judul diatas, pada kasus ini, saya akan menghapus beberapa / banyak baris yang ada di tabel "JUAL", perlu diketahui bahwa jumlah record dalam tabel tersebut kira-kira ada sekitar 1 Juta record, bisa dibayangkan kapan selesainya kalo kita menghapusnya satu / satu atau mungkin halaman / halaman pasti lama kan.

Nah solusi dari masalah tersebut adalah kita bisa menggunakan perintah query untuk menghapus baris / record dari tabel tersebut.

Berikut adalah contoh perintah Query yang saya gunakan :

DELETE JUAL WHERE TANGGAL < '2017-01-01 00:00'

DELETE          = Sudah jelas artinya, yaitu untuk menghapus
JUAL               = Nama Tabel
WHERE           = Digunakan untuk menyaring data di dalam tabel
TANGGAL       = Field dalam tabel
<                       = Kurang dari (Sebelum Tanggal)

Jadi perintah query diatas adalah untuk menghapus record atau baris sebelum tanggal 1 Januari 2017.

Ok Cukup sekian tips dari saya, semoga bermanfaat.



May 12, 2018

0 comments:

Post a Comment