Melumpuhkan Virus Sality tanpa menggunakan antivirus

Tuesday, August 1, 2017

File autorun.inf

Sality adalah salah satu virus komputer (Malware/Malicious Software) yang masuk kedalam sistem Microsoft Windows dan menyerang pada berkas yang berextensi .exe. Virus ini akan menyebar secara otomatis jika kita mengklik file yang sudah terinfeksi. Virus ini juga menyebar melalui jaringan komputer, jadi buat temen-temen yang kerja di perkantoran harap waspada & berhati-hati jika tiba-tiba komputer kita terasa berat atau koneksi kita ke kerver gak stabil mungkin saja komputer kita terkena virus sality.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi virus sality, tapi sebenarnya ada satu cara sederhana untuk  mengatasi virus ini yaitu dengan melakukan :
  1. Restart komputer , Masuk Save Mode, anda bisa masuk save mode dengan menekan tombol F8 / F9 di keyboard (Tiap komputer / laptop kadang berbeda, silahkan cari sendiri sesuai dengan komputer anda)
  2. Cari file " autorun.inf " (Mungkin anda akan menemukan file ini lebih dari satu) 
  3. Buka file tersebut menggunakan notepad perhatikan apakah isinya normal (masih bisa kita baca) atau isinya adalah karakter-karakter acak tidak beraturan yang tidak bisa dibaca. jika isinya adalah karakter acak maka dapat dipastikan bahwa file tersebut adalah file virus.
  4. Langkah selanjutnya adalah kita ubah isi dari file autorun.inf  (File virus), yaitu dengan cara membukanya menggunakan notepad lalu ganti isinya sesuai dengan keinginan kita misalnya "Selamat datang", lalu save. Kemudian langkah terakhir adalah Restart komputer. Selesai
Dengan melakukan hal-hal diatas, kita sudah melumpuhkan virus sality yang artinya virus ini sudah tidak berjalan lagi (tapi sebenarnya masih ada). hal ini bisa terjadi karena kita sudah mengubah isi daripada file autorun.inf karena file inilah yang sebenarnya memanggil / membuat virus baru.

Demikian tips untuk melumpuhkan virus sality, inget ya cara diatas bukan untuk membersihkan virus sality sampai tuntas tapi sebatas hanya melumpuhkan saja, tapi walupun begitu berdasarkan pengalaman saya cara ini cukup ampuh dan tidak membuang-buang waktu. Semoga bermanfaat.




August 01, 2017

0 comments:

Post a Comment